Memahami Kriteria Ideal Calon Anggota KPI / KPID

Dalam Seminar Nasional ‘Menguji Kinerja KPI dan KPID’ yang diselenggarakan oleh Program S-2 Ilmu Komunikasi dan Jurusan Ilmu Komunikasi, Fisipol UGM pada bulan Pebruari 2007, Antonius Darmanto menuliskan dalam makalahnya sejumlah kriteria ideal kelembagaan KPI / KPID serta kriteria calon anggota KPI / KPID yang ideal. Berikut kutipannya:

Guna memenuhi harapan masyarakat terhadap meningkatnya peran di masa datang, maka kepengurusan KPI dan KPID di masa nanti harus diisi oleh personal yang betul-betul kapabel, kredibel dan memiliki semangat memperjuangkan kepentingan publik. Diharapkan komposisi keanggotaan KPI / KPID mencerminkan keanekaragaman, multikulturalisme dan demokrasi; terdiri dari orang-orang yang memiliki kapabilitas dalam pengaturan masalah penyiaran, mencerminkan keragaman penguasaan bidang tertentu yang terkait dengan tugas KPI / KPID, memiliki kemampuan lobi dan strategi komunikasi yang baik, serta memiliki kemampuan membangun institusi (institutional building).

Untuk memenuhi harapan tentang komposisi kepengurusan seperti tersebut di muka, maka anggota KPI / KPID di masa datang haruslah terdiri dari orang-orang yang memenuhi syarat sebagai berikut:

  1. Menguasai sistem penyiaran nasional dan memiliki wawasan masalah penyiaran internasional;
  2. Memahami persoalan makro dunia penyiaran tetapi memiliki kemampuan menerapkannya dlam bentuk kebijakan yang konkret;
  3. Memiliki kemampuan institutional building;
  4. Memiliki kemampuan menonjol di bidang tertentu yang terkait dengan tugas dan kewajiban KPI / KPID;
  5. Memiliki kesanggupan untuk bekerja bagi kepentingan publik tanpa tergoda untuk mencari popularitas diri;
  6. Tidak sekedar menjadikan KPI / KPID sebagai kendaraan tertentu atau menjadikannya batu loncatan untuk memperoleh tujuan lain;
  7. Memiliki track record kepedulian terhadap dunia penyiaran;
  8. Memiliki komitmen waktu dan moral yang kuat terhadap institusi KPI / KPID.

readbud - get paid to read and rate articles


Leave a comment